Sebuah Catatan Lecek !

Kumpulan Jurnal perjalanan, tips-tips apapun itu. dan catatan-catatan kecil lainya. A Litte works, sebenarnya adalah project terpendam saya. sebuah ide 'cemerlang' untuk menghemat memori. dan jawaban dari petanyaan berulang-ulang yang kerap kali mendatangi saya. *hehehehe*. blog ini nantinya akan berisi tentang hal-hal apa saja yang pernah saya pelajari dan saya anggap akan cukup berguna.

satu lagi, jangan merefer blog ini untuk jurnal ilmiah kalian yahhh.. saya sudah sediakan sumber dari bahan referensi saya supaya lebih lengkap tinjau langsung aja ke-sumbernya

penulis tidak bertanggung jawab atas hal apapun yang akan terjadi setelah pembaca merefer tulisan dari blog ini.

akhir kata..


Selamat Mengubek!


Saturday, May 23, 2009

Mendigit Peta Contour dengan Software Surfer..


Postingan pertama saya adalah tentang mendigit peta contour di surfer. waktu itu saya butuh peta contour untuk input batimetri model hidrodinamika yang mau saya bikin. sebenernya untuk mendigit bisa digunakan software lain selain surfer sih. tapi waktu itu saya nge-digitnya pake ini. jadi caranya begini...


1. Mempersiapkan peta.

Dari peta mentah yang ada (yang baru di scan , misalnya), buang pinggirnya (bagian framenya) , dengan cara di-crop. Lalu save dalam format *.bmp
2. Mendigit di surfer
Buka surfer.
Lalu pilih map > base map > pilih peta yang tadi sudah di siapkan dalam format *.bmp > ok.
Diatas peta, klik kanan


Lalu akan mucul toolbox map : base properties


Isi image coordinate peta, nilai koordinat hanya dalam bentuk derajat.
X min = nilai bujur minimum peta (kiri)
Xmax = nilai bujur maksimum peta (kanan)
Y min = lintang bawah peta
Ymax = lintang atas peta.
Catatan : jika lokasi berada di BBS jangan lupa nilai Y diberi tanda (-)

Setelah terisi klik Ok.

3. Digitize

Setelah itu proses digitasi dapat segera di mulai dengan cara, klik kanan di atas peta > Digitize.

Lalu lakukan digitasi diatas contur peta yang mau di digit

Saat mendigit akan ada satu toolbox yang akan mencatat koordinat yang kita digit, benama digit.bln




Setelah selesai mendigit satu contour , save digit.bln dengan nama file yang kamu mau (biar gampang save dengan nama nilai contour yang telah didigit (missal : 2meter.bln)

Lalu lakukan hal yang sama pada nilai contour2 yang berbeda.

4. Isi nilai Contour di Excell

Setelah selesai mendigit di surfer. Buka program Ms. Excell.

Import data *.bln yang sudah kita save satu persatu tadi.

Ketika dibuka, kolom A akan berisi dengan nilai Longitude , dan kolom B berisi dengan nilai latitude yang sudah kita digit tadi.

Tugas kita selanjutnya adalah , mengisi nilai z atau nilai contour yang kita digit tadi di kolom ke tiga.


Lalu lakukan hal yang sama untuk nilai contour-contour yang lainnya.

Setelah itu nilai contour yang berbeda itu disatukan dalam satu worksheet lalu di save dalam format *.xls


5 5. Gridding

Setelah selelsai memasukan nilai z maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan Gridding.

Buka kembali software surfernya.

Klik toolbar grid > data > buka file akhir yang udah disatukan tadi (*.xls).
Lalu lakukan ineterpolasi data.

Isi parameter dalam dialog box, dan nama output file (dalam ormat *.grd) yang akan dihasilkan
Pada kotak grid line isikan nilai resolusi peta yang ingin di hasilkan pada kolom # of lines



Lalu klik Ok!

LAlu setelah selesai gridding.

Open file *.grd yang telah di buat tadi. lalu save dalam *.txt

Selesaii !!

Kalo mau liat hasil griddingannya. Di buka aja file *.txtnya di transform atau software lain sejenis.

Selamat mencoba!!

5 comments:

Perjalananku said...

terima kasih atas infonya..saya memang belum mencoba.. awalnya saya sudah mencoba menurut versi saya tetapi garis contour yang terjadi tidak masuk diakal, seperti ada yang mising salah satu langkah.
jadi untuk sementara saya coba apa yang ditulis diblog ini.. kalo ada masalah lagi apa bisa saya konsultasi dengan si mas ini.

M.R said...

hai toma!kalo masih ada yang mau ditanyaain silahkan aja.. kalo saya bisa jawab akan saya jawab.. kalo nggak mungkin saya bisa bantu dengan cara lain. senang rasanya bisa membantu..,tapi kalo mo konsultasi sama si mas.. kayaknya nggak bisa deh.. yang ada cuma si mbak soalnya.. :D
hehehe..

bangyang said...

pak... saya mw tanya... kalo bentuknya poly line bisa digitasi gak pak?

M.R said...

maaf, mbak.. polyline gimana yah maksudnya..? :D
klo menurut saya, selalma sesuatu yang hendak di digitasi itu memiliki georeferensi.,. rasanya sih bisa-bisa saja.. :D

blood-ocean said...

Wah keren si Mey.....aq tdinya mo bkin postingan ttg kontur d durfer...tp kaduluan jigana, hehehehe....SUKSES nyak!!!!!!!